Cara Mengetahui Kehamilan

Beberapa Cara Mengetahui Kehamilan

"cara mengetahui kehamilan"

cara mengetahui kehamilan

Kehamilan seorang wanita dapat diketahui sejak awal, dan ada banyak cara mengetahui kehamilan tersebut, diantaranya dengan menggunakan intuisi atau feeling. Ini adalah cara paling sederhana untuk mengetahui suatu kehamilan. Seorang wanita akan dapat merasakan adanya perubahan pada tubuhnya setelah beberapa hari terjadinya konsepsi (pertemuan antara sel telur dan sperma). Dalam hal ini Sense of motherhood wanita mulai berkembang.Cara mengetahui kehamilan yang lain adalah dengan menggunakan Test Pack atau Home Pregnancy Test. Alat ini dapat diperoleh di apotik, toko atau supermarket. Selain penggunaannya yang praktis dengan harga yang terjangkau, alat ini juga lebih pribadi, karena tidak perlu repot ke laboratorium untuk memeriksa kehamilan.

Keberadaan alat ini sangat membantu bagi wanita yang ingin langsung menguji kehamilan sendiri di rumah. Hasil dari penggunaan alat ini dapat diketahui kurang dari satu menit. Namun harus diwaspadai juga bila hasilnya meragukan atau tidak jelas. Hal ini sangat dimungkinkan akan penggunaannya yang salah atau kualitas alat yang tidak memadai. Bila ini terjadi disarankan untuk mengulangi tes dengan alat yang baru dengan merk yang berbeda.

Selain Test Pack, cara mengetahui kehamilan dapat diketahui melalui tes urin di laboratorium. Tes ini dapat dilakukan bila hasil test pack meragukan. Tes ini bekerja dengan mengukur kadar hCG dalam urin, dan dilakukan secara professional di laboratorium. Keakuratan dari tes ini mendekati 100%, dan tes ini dapat dilakukan 7-14 hari setelah terjadinya konsepsi.

Selain Tes Urin di lab, cara mengetahui kehamilan dapat dilakukan juga dengan tes darah. Keakuratan dari tes ini juga sama dengan tes urin, yaitu mendekati 100%. Dari beberapa tetes darah, kadar hCG dapat dideteksi. Tes ini memiliki kelebihan dapat memperkirakan umur kehamilan awal. Hal ini dapat diketahui dari ukuran kadar hCG, karena kadar hCG akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Tes ini dapat dilakukan paling cepat satu minggu setelah terjadinya konsepsi. Umumnya dokter atau bidan menggunakan tes ini (tes urin dan tes darah) untuk membuat suatu diagnose.

Yang terakhir cara mengetahui kehamilan adalah dengan tes fisik. Tes ini biasa dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan. Tes ini dilakukan dengan cara meraba perut. Hal ini dilakukan untuk menentukan fundus (puncak) dari rahim. Selain itu juga untuk mengetahui perubahan tekstur rahim. Tes fisik ini dapat dilakukan paling cepat dua minggu setelah terlambatnya menstruasi atau pada rentang kehamilan 4-6 minggu. Selain meraba perut, Dokter kandungan biasanya memeriksa kehamilan dengan menggunakan alat ultrasonografi atau USG untuk melihat apakah terdapat kantung kehamilan. Kantung kehamilan ini biasanya sudah mulai terlihat di usia kehamilan 4 minggu.

Dari beberapa cara mengetahui kehamilan diatas, rata-rata kehamilan dapat diketahui dengan tes kehamilan diatas 4 minggu setelah terjadinya konsepsi. Maka dari itu segeralah ke dokter apabila anda merasa telah hamil. Karena bila kehamilan diketahui sejak dini, pasti anda akan berhati-hati dalam beraktifitas. Dengan begitu janin yang ada di kandungan akan senantiasa terjaga. Demikian, semoga bermanfaat.

Rating 2.00 out of 5
[?]

8 Comments

  • 1
    Ria Safitri
    May 6, 2011 - 10:36 PM | Permalink

    MahaL ga ya biaya Test darah untuk mengetahui kehamiLan…???

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>